Berapa Lama Jahe Merah Bisa Dipanen

 Berapa Lama Jahe Merah Bisa Dipanen ?..
  
  Banyak diantara pengunjung yang menanyakan waktu yang pas untuk panen jahe merah berapa lama atau bulan ya bagusnya berapa bulan agar hasil dan kualiatasnya bagus yuk kita bahas pada postingan kali ini.

 Pada dasarnya jahe merah yang bagus itu panen yang bagus itu antara 10 bulan sampai dengan 12 bulan dan waktu yang paling pas adalah usia dua belas bulan atau satu tahun itu ada waktu panen yang paling bagus menurut saya karena pada waktu jahe merah umur 12 bulan sudah tua dan menghasilkan rimpang yang banyak dan juga baguss.

 Masa Panen Jahe Merah 8 Bulan ..

Lalu apakah jahe merah bisa dipanen dalam umur 8 bulan jawabannya ya cuman panen jahe merah dengan usia 8 bulan tanaman jahenya masih muda dan kalau disimpan agak  lama jahe yang dipanen muda tidak bisa disimpan lama lama otomatis dalam hal kualitas dan kuantitas menjadi kurang bagus namun apabila jahe merah lagi mahal banget cara ini bisa dilakukan karena biasanya permintaan pasar banyak sementara pasokan barang jahe merah kurang mengakibatkan jahe merah melambung naik harganya contoh harga jahe merah juni 2020 hari ini.

 Nah jadi kesimpulannya jahe merah yang bagus itu bagusnya dipanen pada usia 12 bulan dengan ditandakan daun jahe yang mengering atau mau mati atau rebahan tangkai dan daunnya mengering itulah waktu panen yang pas untuk melakukan panen pada jahe merah yang ditanam dipolibag atau lahan terbuka.

 Keuntungan Panen Jahe Merah Usia 12 Bulan .

  • Daya simpan lama dikarenakan jahe sudah tua dan keras maka daya simpan jahe merah bisa bertahan agak lebih lama.
  • Bobot atan tonase kilo gram jahe meningkat atau berat karena sudah cukup umur.
  • Kualitas jahe menjadi bagus .
  • pemanenan lebih mudah dibandingkan dengan panen jahe merah dalam keaadaan muda.
  • banyak disukai pedagang dan pembeli, jahe yang sudah pas umur banyak diburu oleh pembeli karena banyak diminati oleh konsumen.
Kekuarangan Panen Jahe Umur 12 bulan 
 
  • Waktu panen lama 
  • biaya perawatan menambah dikarenakan panen yang lama otomatis biaya perawatan juga bertambah
 Nah dari semua rangkuman diatas jadi kalau mau panen jahe merah harus pandai pandai lihat kondisi pasar apakah jahe itu sedang mahal banget atau lagi murah banget jadi kita harus pantau pasar terus dan jeli bila ingin melakukan panen jahe merah.

Contoh dalam video bagaimana seseorang sedang melakukan panen jahe di lahan atau tanah terbuka usia panen jahe yang dipanen baru berumur atau berusia 5 bulan dari semenjak tanam.

proses panen jahe yang dilakukan di lahan terbuka.

 Dan segitu saja postingan kalai ini semoga menambah wawasan bagi para pembaca yang ingin mencoba budidaya jahe merah dalam polybag atau di lahan terbuka.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ukuran Polybag Untuk Tanaman Sayuran Yang Pas

Manfaat Micin Untuk Tanaman Sayuran

Budidaya Sawi Hijau Dalam Wadah Bekas