Bibit Jahe Merah Yang Bagus

Tips Memilih Bibit jahe merah yang bagus
 
Dalam budidaya jahe merah terutama yang ingin menanamnya dalam polybag seharusnya pemelihan bibit harus benar benar di perhatikan agar nanti dalam tumbuh kembang jahe merah bagus dan sehat bila sudah besar nanti sehingga menghasilkan rimpang jahe merah yang banyak dan besar besar serta meminimalisir kegagalan dalam budidaya jahe merah.

Kriteria bibit jahe merah unggul 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih bibit jahe merah yang unggul dan bagus contohnya adalah sebagai berikut.
  1. Bibit jahe merah yang ingin dijadikan benih harus tua dan sudah berumur 10 bulan - 12 bulan dan yang paling bagus umur 12 bulan.
  2. Bibit jahe merah harus terbebas dari hama.
  3. Bibit jahe merah juga harus terbebas dari penyakit seperti fusarium dan layu bakteri hal yang ini harus benar di perhatikan karna bisa berefek pada tumbuh kembang tanaman jahe merah di kemudian hari yang menyebabkan kegagalan dalam budidaya jahe merah.
 Dibawah ini adalah contoh warna dan bentuk bibit jahe merah yang bagus silahkan anda perhatikan dengan baik baik supaya bisa membelinya dipasar atau petani langsung.

bibit jahe merah
bibit jahe yang bagus
Telihat jahe merah digambar warnanya agak gelap dan kulitnya agak kasar serta bila disimpan selama 2 hari tidak peyot atau keriput pada jahe merahnya.

 Nah apabila kita sudah mendapatkan bibit jahe merah dengan contoh seperti diatas lalu kita beli bibit jahe dari petani langsung atau juga bisa dari pasar namun harus memperhatikan kriteria seperti contoh diatas.

 Lalu apabila kita sudah membeli bibit jahe merahnya langsung saja potong potong atau di potes rimpang jahe merahnya dan setelah melakukan pemotongan jahenya langsung di jemur di bawar sinar matahari selama 1 - 2 jam agar getah pada jahe merahnya hilang atau kering.

 Bila sudah melakukan penjemuran bibit jahe merahnya langsung di rendam dengan fungisida selama 30 - 1 jam fungisida bisa memakai fungisida yang berbahan aktif mankozep,propineb dan lain sebagainya usahakan fungisida bersipat kontak dan manfaat perendaman bibit jahe dengan air larutan  fungisida ini supaya benih yang akan di semai steril dari jamur dan bakteri istilahnya mematikan jamur atau bakteri penyebab penyakit pada tanaman jahe merah.
 
 Apabila sudah melakukan penjemuran dan perendaman pada bibit jahe merah selanjutnya bibit di angin anginkan selama satu hari atau dua hari setelah di anginkan bibit bisa langsung di semai atau bisa didiamkan dulu selama dua minggu lalu di semai dan setelah disemai atau sudah tumbuh tunas pada bibit rimpang jahe bisa di tanam dalam polybag ataupun di lahan terbuka.

 Nah pada postingan selanjutnya saya akan membahas bagaimana cara semai jahe merah untuk ditanam dalam polybag dan bisa juga ditanam dilahan terbuka sekian
penjelasan saya tentang bagaimana cara memilih bibit jahe merah yang bagus dan semoga postingan ini semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ukuran Polybag Untuk Tanaman Sayuran Yang Pas

Manfaat Micin Untuk Tanaman Sayuran

Budidaya Sawi Hijau Dalam Wadah Bekas