Cara Budidaya Tanaman Sawi Di Polybag

 
cara menanam sawi dalam polybag

Cara budidaya tanaman sawi di polybag atau pot

 Menanam sawi caisim  atau sawi hijau bisa anda lakukan dihalaman rumah tidak perlu lahan luas caranyapun sangatlah mudah juga sangat cocok ditanam dalam pot polybag atau juga dalam wadah bekas khusus bagi anda yang tidak mempunyai halaman yang luas cukup di pekarangan halaman rumah saja anda bisa menanam dan panen sawi dipolybag.

Tahapan Budidaya Sawi Dipolybag

 Langkah langkan dalam penanaman sawi diantaranya anda harus menyediakan bahan bahan diantaranya adalah :
  1. Polybag ukuran 17,5 atau wadah plastik bekas juga bisa.
  2. Media tanam , diantaranya tanah , kompos atau pupuk kandang 
  3. Pupuk npk 16 16 atau npk phonska.
  4. Benih sawi anda bisa membelinya di toko pertanaian.
  5. Plastik kresek hitam untuk penutup setelah tanam sawi.
Proses penanaman sawi - Campurkan media tanam tadi contoh tanah satu ember kompos atau pupuk kandang satu ember semua bahan dicampur sampai rata lalu masukan kedalam polybag.

Buatlah lubang tanam empat ditengah satu dan di pinggir tiga lalu nanti yang ditengah di kasih pupuk npk sedikit kira kira 1/4 sendok jangan terlalu banyak dalam pemberian pupuk npk sedikit saja lihat contoh gambar.

contoh tanam sawi


 Lubang tanam yang tiga tadi diisi dengan benih sawi sebanyak dua biji perlubang total nanti dalam satu polybag ada enam biji atau benih sawi, setelah melakukan pengisian benih lalu benih dan pupuk tadi di tutup dengan tanah halus dan tutup tipis saja agar nanti sawinya cepat tumbuh, dan jangan lupa apa bila sudah melakukan penutupan dengan tanah lalu lakukan penutupan dengan kantong plastik kresek hitam di atas polybagnya  agar tumbuhnya sawi bisa serempak .

Tumbuh tanaman sawi - biasanya tanaman sawi akan tumbuh dalam waktu 3 - 4 hari dari penanaman dari biji maka pas tiga hari buka penutup plastik hitam dipolybag agar nanti sawi cepat tumbuh muncul ketas dan tidak kutilang.

Penyiraman lakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari agar sawi cepat besar dan cepat panen.

Pemupukan pupuk susulan pertama diberikan pada usia 12 - 14 hari setelah tanam dengan dosis pupuk 1/4 sendok untuk 5 - 6 polybag dengan cara di larutkan kedalam air satu liter lalu nanti disusul lagi pemupukan pada usia 20 hari setelah tanam.

Perawatan lakukan perawatan bila terjadi serangan hama dan cabuti rumput yang tumbuh dalam polybag agar nutrisi pupuk diserap maksimal oleh sawi sehingga sawi cepat panen

Panen sawi - sawi bisa di panen pada usia 25 hari setelah tanam atau 30 hari setelah tanam tergantung selera bila ingin besar panennya di usia 30 hari setelah tanam biasanya sawi fi umur 30 hari sudah besar.

Apabila masih kurang jelas saya sediakan videonya full dari awal sampai panen silahkan anda tonton videonya agar lebih jelas.

Video di atas adalah contoh tanam sawi di polybag tanpa semai full dari awal biji sampai panen.


Bagaimana mudahkan menanam sawi dalam polybag itu apakah anda ingin mencoba menanamnya di rumah silahkan lakukan dan praktekan cara cara diatas.

Semoga bermanfaat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ukuran Polybag Untuk Tanaman Sayuran Yang Pas

Manfaat Micin Untuk Tanaman Sayuran

Budidaya Sawi Hijau Dalam Wadah Bekas