Keuntungan Menanam Jahe Merah Dalam Polybag


 
keuntungan tanam jahe merah
Jahe Dalam Polybag


 Banyak sekali orang yang belum pernah menanam jahe dalam polybag padahal menurut saya keuntungan tanam jahe dalam polybag atau karung lumayan cukup menjanjikan terutama bagi yang tidak punya lahan luas alias di perkotaan menurut saya menanam jahe merah dalam polybag atau karung bisa menjadi solusi mengingat tanaman jahe ini sangat stabil harganya tidak seperti sayuran lainnya itu menurut dan berdasarkan pengalaman saya.


Berikut Beberapa Keuntungan Menanam Jahe Merah Dalam Polybag .

  •  Keuntungan yang pertama dalam budidaya jahe dalam polybag atau karung tidak perlu memerlukan halaman luas sehingga bisa ditanam dipekarangan rumah.
  • Harga yang stabil dibanding harga harga sayuran lainnya entah kenapa kalau menurut saya harga jahe merah cukup stabil dalam masalah hal harga.
  • Bisa menunda waktu panen , perlu anda ketahui panen jahe merah bisa ditunda sampai harganya lumayan agak mahal kalau paspanen harga jahe merahnya lagi rendah, anda bisa menunda waktu panen atau mengulur waktu panen sampai harganya lumayan agak mahal.
  • Banyak diminati orang , ya karena jahe banyak sekali kegunaan dan manfaatnya diantaranya sebagai bumbu masak, sebagai obat obatan tradisional contohnya jamu dan lain sebagainya.
  • Perawatan yang mudah , jahe merah termasuk tanaman yang mudah dibudidayakan menurut saya karena perawatannya cukup mudah asal diimbangi dengan pupuk yang maksimal. 
  • Agak toleran terhadap hama dan penyakit tanaman.

 Nah diantara keuntungan menanam jahe merah dalam polybag pasti ada kekurangannya juga jadi kita juga harus tau akan hal ini sebelum budidaya jahe merah dalam polybag berikut ini kekurangan yang menurut pandangan saya dalam hal budidaya jahe merah diantaranya.

  1. Waktu panen jahe merah yang lama, yaps perlu anda ketahui bahwa jahe merah waktu panennya cukup lama, biasanya jahe merah yang bagus itu dipanen pada usia tanaman menginjak 12 bulan namun bisa juga dipanen pada umur jahe 8 bulan dengan dipanen muda.
  2. Umbi jahe merah kecil kalau menurut saya umbi jahe merah kecil dan banyak akarnya berbeda dengan jahe emprit dan gajah.
  3. bobot kiloan rendah , akibat dari umbi jahe merah kecil mengakibatkan bobot jadi kurang berat.
 Sebenar masih banyak lagi keuntungan menanam jahe dalam polybag tetapi kalau dijelaskan pada postingan ini mungkin akan panjang jadi saya hanya memberi gambarannya saja.

 Berapa Modal Tanam Jahe Dalam Polybag ? .

 Nah sekarang kita lanjut kepermodalan biaya tanam jahe dalam polybag itu diperlukan modal berapa ya, yuk kita hitung  kita taksir saja ya dalam satu kilogram benih jahe merah memerlukan modal berapa . 

  1. Benih satu kg = 50 ribu 
  2. polybag ukuran 30x30 isi 30biji dengan harga sekarang bila kita beli di olshop 30 ribu 
  3. pupuk kandang / kompos perkarung 12rb.
  4. pupuk npk biru 1 kg harga juni 2020 adalah 10000 di tempat saya.
  5. jadi 50000 + 30000 + 12000 + 10000 = 102000 + biaya pekerja 1 hari 50 rb total 152000 biaya ini adalah perkiraan bila semua di beli apalagi bila kita bisa membuat kompos dan punya pupuk kandang gratis plus pengerjaan sendiri bisa di diminimalisir dalam masalah hal modal dan polybag bisa dipakai selama 2 - 3 kali tanam nantinya dan juga pupuk npk akan ada sisa untuk tanam berikutnya.
  6. jadi dalam satu polybag memerlukan modal 5700 rp.

Berapa Hasil Panen Jahe Merah Per Polybag ?..

  Jahe dalam satu polybag bisa mengasilkan 1 - 2 kilogram perpolibag ambil saja paling kecil masa usia panen 10 bulan estimasi perkiraan panen 1 kilogram perpolybag ini saya ambil dari panen yang terendah ya jadi total panen sekitar 30 kilogaram jahe merah dalam 30 polybag seumpanya harga jual jahe merah 20 ribu x 30 kg = 600000 - potong total modal tadi 152000 = [438000 hasilnya] dengan harga jahe 20 ribu bayangkan saya anda bila harga jahe tembus 50 ribu ?..


 Sekarang saya tanya pada pengunjung anda suka membeli jahe merah di pesar berapa ?..

murah apa mahal , menurut saya apalagi diperkotaan pasti agak lumayan mahal karena jahe merah dipasok dari petani di kampung jadi saya tau hehe.. 

 Apakah masih bisa untung yaps menurut saya masih bisa untung .

 Terus apakah tanam jahe bisa rugi ?..

Dalam usaha pasti ada untung dan rugi juga dikarnakan karna fuktuasi harga dan kegagalan panen.

 Berapa tingkat kegagalan pane jahe merah?..

menurut pandangan saya 20%.

 Nah maka dari itu saya akan kupas ilmu tanam atau budidaya jahe dalam polybag pada blog ini dengan rinci agar nantinya para pengunjung blog ini bisa menanam jahe dalam polybag dari awal sampai panen.


 Dan segitu dulu penjelasan saya tentang "keuntungan menanam jahe dalam polybag" semoga ada manfaatnya buat para pengunjung blog ini.

 Ingin mencoba menanamnya baca postingan saya sebelumnya tentang cara memilih bibit jahe yang bagus  serta silahkan bila ingin lengkapnya tentang budidaya jahe merah bisa lihat di kategori dipojok kiri atas di kategori "budidaya tanaman jahe" sekian dan kunjungi terus ya blog ini untuk update selanjutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ukuran Polybag Untuk Tanaman Sayuran Yang Pas

Manfaat Micin Untuk Tanaman Sayuran

Budidaya Sawi Hijau Dalam Wadah Bekas