Cara Menanam Bawang Daun Dari Batang Sisa Dapur Di Polybag



budidaya bawang daun di polybag

Cara Menanam Bawang Daun Dari Batang Sisa Dapur Di Polybag
 - Pernahkah anda mencoba budidaya daun bawang atau bawang prei di polybag yang ditanam dari batangnya bukan dari biji, menanam bawang daun di polybag atau pot wadah bekas sangatlah mudah sekali, kita bisa melakukan penanaman di halaman rumah selain bisa menghijaukan halaman rumah kita juga bisa panen daun bawang untuk kebutuhan dapur sehari - hari.

Budidaya daun bawang di polybag

 Tahapan tahapan yang harus anda siapkan sebelum melakukan penanaman bawang daun diantaranya ialah.

  1. benih atau bibit daun bawang dari batang atau bisa juga dari sisa dapur.
  2. polybag ukuran 17,5 
  3. media tanam dengan campuran tanah dan kompos dengan rasio perbandingan 1.1 bila ingin tambah bagus bisa anda tambahkan arang sekam atau arang kayu sedikit saja.
  4. pupuk npk 15.15.15 atau lebih bagus 16.16.16.
  Langkah selanjutnya bila bahan - bahan diatas sudah tersedia anda sekarang tinggal membuat media tanam berikut tahapan tahapannya sampai tanam.
  • campurkan media tanah dan kompos dan aduk sampai tercampur merata.
  • selanjutnya masukan media yang sudah tercampur tadi pada polybag.
  • buat lubang tanam di tengah - tengah polybag kira kira 5 cm.
  • Tanamlah benih bawang daun pada lubang tanam bibit batang bawang daun boleh di potong ataupun tidak rendamlah akar bibit atau benih daun bawang  pada gelas yang berisi air selama 3 hari sampai mengeluar akar baru, usahakan penanam jangan terlalu dalam cukup sampai akar daun bawang tertutupi oleh media agar nanti daun bawangnya cepat berkembang.
  • setelah daun bawang ditanam jangan lupa disiram agar nanti bawang daunnya cepat tumbuh.

Pemupukan bawang daun

 Pemupukan pertama dilakukan pada tanaman berumur 14 hari setelah tanam dan nanti di ulang 7 - 10 hari sekali, pupuk yang di gunakan bisa dengan npk dengan cara di larutkan kedalam air untuk dosis pemupukan awal gunakanlah dosis 1/2 sendok makan dan larutkan kedalam air satu liter terus pupuk yang sudah larut tadi dibagi untuk 4 - 6 polybag, dosis pupuk selanjutnya ditingkatkan menjadi 1 sendok makan npk untuk satu liter air dibagi untuk 4 - 6 tanaman daun bawang.

 Perawatan hama dan penyakit daun bawang

 Lakukan perawatan terhadap tanaman dan perhatikan tanaman bila terjadi serangan hama dan penyakit jamur lakukanlah penyemprotan menggunakan insektisida dan fungisida, contoh insektisida yang berbahan aktif metomil dan untuk fungisida bisa menggunakan fungisida yang berbahan aktif mankozeb.

Penyiraman 
 Lakukan penyiraman apabila tidak ada hujan setiap pagi hari atau sore hari penyiraman harus rutin dilakukan terutama tidak terjadi hujan agar mendapatkan hasil panen yang bagus.

Panen 
 Pemanenan daun bawang bisa dilakukan pada saat usia tanaman 2 - 3 bulan setelah tanam, namun saya menyarankan panen dilakukan saat usia tanaman daun bawang 3 bulan dari semenjak tanam agar mendapatkan hasil anakan daun bawang yang banyak.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ukuran Polybag Untuk Tanaman Sayuran Yang Pas

Manfaat Micin Untuk Tanaman Sayuran

Budidaya Sawi Hijau Dalam Wadah Bekas