Manfaat Micin Untuk Tanaman Sayuran

Manfaat Micin Untuk Tanaman Sayuran - Taukah anda dengan micin atau ajinamoto beberapa waktu ini admin sedang melakukan uji coba efek micin terhadap tanaman yang bisa menyuburkan tanaman apalagi bila di kombinasikan dengan nasi basi dan cucian beras.
Pada postingan sebelumnya admin membahas bagaimana cara membuat pupuk dari air cucian beras yang diantaranya menggunakan micin atau bisa juga ajinamoto.

Efek micin terhadap jenis - jenis tanaman

Sejauh dari pengamatan saya pengaruh  micin terhadap tanaman sangat bagus di aplikasikan terhadap tanaman sayur - sayuran yang cepat panen diantaranya adalah.
  1. bayam
  2. sawi hijau
  3. sawi sendok atau pakcoy
  4. sawi putih
  5. bawang daun
Yang ditanam dalam polybag menunjukan hasil yang cukup lumayan bagus dan memuaskan sebagai alternatif pupuk ingat ya! hanya alternatif karna bila di bandingkan dengan pupuk buatan pabrikan masih kalah hehe.

Khusus tanaman yang berbunga saya merekomendasikan penggunaan micin jangan terlalu banyak dosisnya, contohnya cabe menurut pengalaman saya yang dulu pernah aplikasi micin ke tanaman cabe menyebabkan kerontokan bunga karna terlalu subur akibatnya bunga - bunga pada  tanaman cabe mengalami kerontokan pada bunga karna terlalu subur.

Tapi pada tanaman polybag dengan dosis yang kecil dan di gabungkan dengan nasi basi dan cucian beras menunjukan hasil yang bagus maka dari itu harus di proses lagi agar mendapatkan hasil yang lumayan contohnya pada postingan saya tentang cara membuat pupuk dari cucian beras.

Bagaimana bila micin langsung di aplikasikan tanpa cara diatas , boleh - boleh saja namun saran saya gunakan micin kepada tanaman sayuran yang cepat panen seperti sawi, bayam, kangkung, bawang daun, sawi putih  dan pakcoy mengingat kandungan micin adalah "monatrium glutamat murni" jadi bisa menggantikan pupuk nitrogen.

Nah kalau tanaman seperti cabe rawit dan cabe keriting dan cabe cabe lainnya saran saya harus melakukan proses fermentasi dengan dosis yang rendah.

Itulah pengalaman saya tentang manfaat micin untuk tanaman sayuran.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ukuran Polybag Untuk Tanaman Sayuran Yang Pas

Budidaya Sawi Hijau Dalam Wadah Bekas