Cara Semai Bibit Jahe Merah Yang Benar


  Cara Semai Bibit Jahe Merah Yang Benar 



 Pada postingan kali ini saya akan membahas bagai mana cara menyemai bibit jahe merah agar hasil dari semai jahe merah tumbuhnya bagus.

 Perlu diketahui bibit jahe yang bagus dalam hal budidaya jahe merah dalam polybag maupun dilahan terbuka adalah salah satu kunci keberhasilan dalam membudidayakannya hasil panen yang melimpah serta tanaman sehat dari hama dan penyakit juga dipengaruhi dari bibit yang jelek jadi anda harus selektif dalam memilih bibit jahe merah nah pada kesempatan ini saya akan bahas cara penyemain bibit jahe merah yang benar.

 Ada baiknya sebelum anda melakukan penyemaian bibit jahe baca dulu postingan saya sebelumnya tentang tips memilih bibit jahe yang bagus agar nanti hasilnya bisa tumbuh sempurna dan serempak dan sehat serta subur.


 Hal yang perlu diperhatikan dalam penyemaian bibit jahe merah diantaranya.
  • bibit jahe merah yang mau disemai harus benar benar tua
  • bibit jahe merah juga harus dijemur 1 sampai dua jam
  • sudah direndam dengan larutan atau cairan fungisida
  • bibit jahe sehat tidak busuk atau terkena penyakit sebelumnya.
 Apabila sudah melakukan hal diatas langkah berikutnya adalah penyiapan media semai , media semai yang paling bagus diantaranya adalah menggunakan campuran tanah arang sekam atau arang kayu dan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 1.1.1. usahakan pupuk atau kompos sudah matang dan sudah di fermentasi.

 Bila sudah menyiapkan media semai jahe tadi lalu buat gedeg dengan papan kayu atau juga bisa dengan keranjang buah atau bisa anda membuatnya sendiri di rumah untuk menampung tanah media semai nantinya.

gambar dibawah ini contoh media semai yang ada ada dalam wadah.


media semai jahe merah



lalu jejerkan lalu jejerkan atau tata bibit jahe merah pada wadah usahakan tunas jahenya menghadap keatas lihat contoh.


cara semai bibit jahe merah


Apa bila sudah menata bibit jahe merahnya lakukan penutupan dengan pupuk kandang atau arang sekam usahakan pupuk kandang halus atau bisa diayak dulu dan penutupan bibit jahe jangan terlalu tebal cukup tipis saja agar nanti bibit jahe merah yang disemai tumbuh cepat serta apabila bibi jahe merah sudah ditutup usahakan semaian disiram dan diberi penuleduh dengan paranet atau disimpan ditempat yang teduh.


  Berapalama Jahe Merah Tumbuh ?..

 Pada umumnya jahe merah akan tumbuh di media permesemaian sekitar dua minggu sampai dengan satu bulan lebih tumbuhnya jahe merah tetgantung dari berapa lama jahe merahnya dorman atau istirahat dari semenjak di panen dari kebun.

  Bibit Jahe Merah Siap Tanam .

 Lalu waktu pemindahan bibit jahe merah kelahan atau media polybag dilakukan sekiranya umbi jahe merahnya sudah memunculkan tunas kira - kira sekitar 3 cm sampai 20 cm , pemindahan bibit jahe merah dari persemaian usahakan jangan terlalu besar agar jahe tidak mengalami stres lama pada waktu penanamanya.

 Usahakan pada waktu pindah tanam jahe pada sore hari atau pada pagi hari sebelum jam 10 pagi karna apa bila sianghari ditakutkan terik panas matahari bisa menjadikan stres pada tanaman jahe merahnya.

 Untuk video lengkapnya lihat video ini .



 Pada postingan selanjutnya saya akan membahas pembuatan media tanam polybag untuk jahe merah dan segitu saja penjelasannya semoga bermannfaat postingannya.. 

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ukuran Polybag Untuk Tanaman Sayuran Yang Pas

Manfaat Micin Untuk Tanaman Sayuran

Budidaya Sawi Hijau Dalam Wadah Bekas