Panduan Cara Menanam Tomat Di Polybag Plastik


cara menanam tomat di polybag

Panduan Cara Menanam Tomat Di Polybag Plastik - Budidaya tanaman tomat menggunakan pot atau polybag bisa kita lakukan untuk mengisi waktu senggang yang terbuang percuma jadi lebih baik kita manfaatkan waktu untuk menanam tomat, tanam tomat dalam polybag tidak memerlukan lahan luas selain mudah dilakukan dalam menanamnya juga mempunyai nilai ekonomi yang cukup lumayan bisa untuk kebutuhan sehari - hari  seperti kebutuhan dapur dan jus tomat yang sangat bagus dan kaya akan vitamin atau bila kelebihan panen apa salahnya kita jual sebagian dari sisa panen tomatnya.

Panduan Lengkap Menanam Tomat Dalam Polybag

 Untuk tatacara penanaman tomat saya sarankan anda mempersiapkan alat dan bahan - bahannya diantaranya yaitu.
  1. Benih tomat :  kalau bisa membeli bibit/benih tomat dari toko pertanian dengan tomat kualitas f1 buatan perusahaan benih yang terpercaya agar nanti tomat yang ditanam berbuah lebat dan toleran dari hama dan penyakit.
  2. Polybag : Siapkan polybag dengan ukuran 17,5 atau bisa juga ukuran polybag 20cm agar daya tampung media agak lebih banyak sehingga nutrisi tanaman tercukupi pada tanaman tomat.
  3. Media tanam : Saya menyarankan anda membuat media tanam yang bagus dan berkualiatas, saya paling suka dalam membuat media tanam dengan campuran tanah, kompos / pupuk kandang , arang sekam / arang kayu dengan perbandingan 1.1.1/4 , usahakan pupuk kandang difermentasi dahulu atau di beri em4 sebelumnya agar terhindar dari penyakit layu bakteri, semua media tadi dicampur secara merata lalu masukan pada polybag sampai penuh media tanam berkualitas adalah kunci awal dalam budidaya tanaman agar subur dan sehat jadi penting di perhatikan.

Menyemai Bibit Tomat Di Polybag

 Setelah kita mempersiapkan alat dan bahan diatas sekarang kita lanjut ke proses penyemaian bibit tomat dari biji untuk caranya sebagai berkut.
  1. Isi polybag dengan media tanam pengisian media tanam usahakan jangan terlalu penuh sisakan ruang polybag kira - kira 2 cm dari atas polybag.
  2. Siram media tanam dengan air sampai basah dan ratakan media polybagnya dengan tangan
  3. Taburkan benih tomat pada media tanam polybag , usahakan dalam penaburan benih dalam persemaian jangan terlalu rapat agar nantinya bibit tomatnya besar dan tumbuh baik kira - kira dalam polybag ukuran 17,5 diisi 50 bibit saja.
  4. Tutup media semai yang sudah ditaburi benih tomat dengan arang sekam atau kompos yang halus secara tipis saja jangan terlalu tebal supaya bibit cepat tumbuh.
  5. Siram media semai dengan alat semprot , usahakan dengan siram atau semprotan usahakan air yang keluar halus agar benih tidak berhamburan kemana - mana.
  6. Setelah disiram lalu tutup dengan kresek atau plastik hitam media semainya.
  7. Simpan media semai dan tunggu 3 hari biasanya bibit tomat akan tumbuh , jadi setelah 3 hari media semai tadi dicek bila sudah tumbuh bukalah penutup plastik hitamnya dan lakukan penyiraman lagi pada bibit.
  8. Tempatkan bibit yang sudah tumbuh ditempat yang terkena sinar matahari langsung dan jangan lupa bibit tomat di siram setiap hari 
  9. Bibit tomat  14 - 20 hari bisa dipindah tanam.

Pindah Tanam Tomat Dalam Polybag

Lanjut setelah bibit semai menginjak usia 14 atau 20 hari lakukanlah pemindahan tanaman pada polybag yang sudah diisi media tanah kompos dan arang untuk caranga ikuti langkah langkahnya sebagai berikut.
  • siram media tanam dengan air sampai basah
  • buat lubang tanam di tengah - tengah
  • tanamlah bibit tomat satu polybag diisi satu tanaman
  • siram lagi media yang sudah ditanami bibit tomat dengan air sampai basah
  • usahakan melakukan pindah tanam bibit tomat pada sore hari agar tingkat stres pada tanaman tidak terlalu parah
  • penyiraman usahakan bila cuaca panas dilakukan setiap pagi dan sore hari, tapi bila terjadi hujan tidak perlu di siram
  • pemasangan tajar atau turus menggunakan bambu atau kayu atau penyangga lainnya yang mudah didapat yang ditancapkan di polybag agar nanti tomat bila sudah besar tidak roboh, pemasangan tajar dilakukan pada saat usia tanaman satu minggu setelah tanam jarak tancap tajar kira - kira 5 cm dari tanaman
  • perempelan tunas samping, potong atau pangkas tunas samping yang ada diketiak daun tomat sebelum cabang Y , agar buah tomat besar besar dan lebat karena nutrisi pupuk akan terfokus pada cabang atas sehingga penyerapan pupuk fokus pada bunga dan buah.
Pemupukan - lakukan pemupukan pertama tomat setelah tanaman tomat 14 hari setelah tanam menggunakan pupuk npk 16 16 16 atau npk 15 15 15 untuk dosisnya saya menggunakan dosis.
  1. pemupukan pertama dengan dosis 1/4 sendok makan yang dilarutkan kedalam air satu liter untuk 6 polybag
  2. pemupukan kedua di lakukan 7 hari setelah melakukan pertama, dosis 1/2 sendok makan yang dilarutkan pada air satu liter untuk 6 tanaman
  3. pemupukan ke 3 dilakukan 7 hari dari pemupukan kedua , dosis satu sendok untuk 6 tanaman
  4. pemupukan ke 4 dan seterusnya dengan interval satu minggu sekali sampai panen , dosis satu sendok untuk 6 tanaman untuk caranya sama dengan dilarutkan pada air 1 liter.
Perawatan Hama Dan Penyakit
 Rawatlah tanaman tomat dengan sara menyiram setiap hari apabila tidak ada hujan, lakukan penyemprotan pada tanaman bila terjadi serangan hama dan penyakit pada tanaman menggunakan insektisida dan fungisida contoh insektisida yang berbahan aktif metomil untuk mengatasi ulat dan serangga pengganggu tanaman dan untuk fungisida anda bisa memakai fungisida yang bahan aktif mankozeb / azoxsistrobin untuk mengendalikan penyakit pada tomat seperti bercak daun , antraknosa dll.
Panen Tomat
 panen dapat dilakukan biasanya tomat akan merah / masak pada 2,5 bulan - 3 bulan dari semenjak pindah tanam, ada dua jenis cara panen.
  1. panen hijau khusus tomat yang ingin dipanen hijau tentunya masa panen hijau / muda ini akan lebih cepat semenjak dari pindah tanam usia sekitar 2 bulan bisa dipanen tergantung dari bibit yang di beli.
  2. panen merah nah kalau tomat dipanen sampai merah biasanya 2,5 - 3 bulan dari pindah tanam pilihlah tomat yang sudah merah dan sisakan yang masih muda atau hijau, tomat merah banyak disukai oleh pasar dan konsumen, selain untuk kebutuhan dapur juga sering dibuat jus tomat dll. produk benih dan perawatan sangat berpengaruh pada masa panen tomat, karena setiap benih berbeda masa usia panennya.
Nah begitulah cara budidaya tomat dalam polybag.

Apakah anda juga ingin menanam sawi bila ingin menanamnya silahkan baca post : cara menanam sawi di polybag .

Sekian dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ukuran Polybag Untuk Tanaman Sayuran Yang Pas

Manfaat Micin Untuk Tanaman Sayuran

Budidaya Sawi Hijau Dalam Wadah Bekas