Berapa Hasil Panen Jahe Emprit Per Polybag

Berapa hasil panen hahe emprit per polybag - anda penasaran ingin tahu berapa sih jahe yang ditanam dalam polybag itu bisa menghasilkan jahe berapa kg atau kilo nah sekarang saya bagikan sedikit pengalaman saya dalam budidaya jahe emprit dalam polybag ini hanya pengalaman saya ya.

Menurut dari pengalaman saya jahe emprit  yang ditanam dalam polybag ukuran polybag 17,5 bisa menghasilkan bobot jahe sekitar 1,5 kg atau 1500 gram per polybag dan usia tanaman jahe saya sekitar 6 bulanan dan terbilang masih muda dan masih sangat memungkinkan membesar tunas jahenyapun masih aktif, berikut adalah sedikit ilustrasi video yang saya abadikan dalam bentuk video dan saya share silahkan anda saksikan.



Video diatas adalah sedikit gambaran panen jahe dalam polybag yang mungkin bisa menjadi acuan dan perbandingan untuk anda yang ingin membudidayakan jahe dalam polybag, untuk menghasilkan bobot jahe yang lumayan menurut saya perlu perlakuan mulai dari perawatan, pemupukan, dan media tanam yang berkualitas  menurut saya itu adalah kunci dalam usaha budidaya jahe di polybag, saya akan ulas mulai dari perawan hingga panen.


Perawatan Jahe Dalam Polybag

Perawatan hama dan penyakit penting sekali agar tumbuh kembang jahe maksimal contoh kasus apabila jahe terserang penyaki seperti jamur / bercak daun , busuk batang aplikasikanlah fungisida berbahan aktif mankozeb bila setelah dua kali disemprot dengan fungisida berbahan aktif mankozeb gantilah atau di rolling dengan fungisida berbahan aktif azoksistrobin + difenokonazol menurut saya fungisida berbahan aktif diatas cukup efektip dalam mengatasi penyakit jamur pada jahe.

Hama Jahe - saya hanya mengendalikan menggunakan insektida berbahan aktif metomil dan di rolling dengan bahan aktif insektisida emamektin benzoat , apabila terjadi serangan hama di akar anda bisa menggunakan nematisida untuk nematoda bahan aktifnya adalah kabofuran bahan aktif karbofuran hama sasaran seperti uret,nematoda.

Pemupukan - pemupukan saya hanya menggunakan npk 16.16.16 dengan cara di cairkan atau di kocor pada jahe dalam polybag.

Perhatian : jahe yang saya tanam adalah jahe emprit bukan jahe merah atau juga jahe gajah , dan umur panennya masih  terbilang sangat muda karna waktu yang bagus panen jahe emprit menurut saya 8 bulan - 10 bulan karena bila panen 10 bulan bobot berat jahe maksimal dan tidak mudah kisut dan daya tahan simpan jahe bisa bertahan agak lama, tunas jahe yang dipanen 6 bulan masih sangat aktif dan masih dimungkinkan membesar dan melebar dan membesar rimpangnya.

Nah itu adalah pengalaman saya dalam budidaya jahe dalam polybag bagaimana apakah anda ingin mencoba menanamnya, atau anda ingin mengetahui bagaimana cara semai jahe silahkan baca postingan saya sebelumnya tentang : cara semai bibit jahe merah

Terakhir saya ucapkan semoga bermanfaat dan bisa memberi  gambaran kepada anda yang ingin mencoba menanamnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ukuran Polybag Untuk Tanaman Sayuran Yang Pas

Manfaat Micin Untuk Tanaman Sayuran

Budidaya Sawi Hijau Dalam Wadah Bekas