Cara Membuat Pestisida Alami Dengan Tembakau

Cara Membuat Pestisida Alami Dengan Tembakau


Tembakau adalah salah satu jenis bahan yang bisa di buat untuk pestisida alami untuk mengusir dan mencegah hama yang ada pada taman kandungan racun yang terdapat dalam tembakau adalah nikotin sehingga dapat mengusir hama pada tanaman , diantaranya tanaman dalam budidaya tanaman sawi, tomat , cabe dan lain sebagainya.

Nah bagimanan untuk cara pembuatan pestisida alami ini untuk bisa mencegah dan mengatasi hama terutama yang ditanam dalam polybag pada kesempetan ini saya akan ulas karna saya gunakan pestisida ini khusus pada tanaman yang ditanaman dihalaman rumah atau pot dan polybag karena kalau dilahan terbuka atau perkebunan cara ini kurang efektif mengingat budidaya dilahan terbuka membutuhkan modal yang tidak sedikit dan banyak hama yang sulit dikendalikan ok langsung saja.

Bahan Bahan Pembuatan Pestisida Tembakau

  1. serai sepuluh batang
  2. tembakau 50 gram
  3. sabun cuci piring satu sendok
  4. botol bekas mineral satu liter
  5. air satu liter
  6. panci untuk merebus air

Proses Dan Cara Membuat

  • masukan serai sepuluh batang dan geprek - geprek serainnya lalu masukan kedalam panci setelah itu beri air satu liter sampai mendidih agar bau serainya keluar
  • setelah air rebusan serai mendidih dan aroma serainya keluar angkatlah dan diamkan sampai air rebusan serai tidak terlalu panas atau sudah hangat kuku karena nanti airnya akan dimasukan kedalam botol
  • tambahkan sabun cuci piring satu sendok kedalam air rebusan serai tadi dan aduk sampai rata dan homogen dengan air
  • masukan tembakau pada botol usahakan botol dapat menampung air satu liter
  • air rebusan serai yang sudah hangat kuku dan sudah diberi sabun cuci piring tadi dimasukan kedalam botol yang sudah diisi tembakau.
  • setelah diisi air tutup rapat botol dan diamkan selama 24 jam baru bisa digunakan.

Dosis Dan Cara Aplikasi

Gunakanlah dosis pestisida ini dari dosis yang terkecil dulu saya menganjurkan penggunaan dosisnya antara 20ml - 40 ml perliter air bersih.
Cara aplikasi : masukan rendaman tembakau tadi 20 ml kedalam air satu liter air bersih aduk rata lalu semprotkanlah pada tanaman - tanaman yang terserang hama, menurut pengalaman saya pestisida buatan ini dapat mencegah dan mengtasi hama seperti hama kutu kutuan, serangga dan ulat.
Perhatian : cara ini khusus saya buat untuk tanaman di poybag atau tnaman yang ditanam di halaman rumah dan saya belum pernah aplikasi di perkebunan atau lahan yang luas, untuk lahan perkebunan saya lebih sering menggunakan pestisida buatan pabrik yang lebih cepat dalam menangani hama.

Apakah anda ingin budidaya daun bawang di polybag silahkan baca postingan saya sebelumnya disini : cara tanam daun bawang dari sisa dapur.

Itulah sedikit ulasan saya tentang pestisida alamai dari tembakau yang mungkin bisa anda praktekan dirumah.
Semoga bermanfaat ok.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ukuran Polybag Untuk Tanaman Sayuran Yang Pas

Manfaat Micin Untuk Tanaman Sayuran

Budidaya Sawi Hijau Dalam Wadah Bekas